Pertanyaan yang sering ditanyakan

Dibaca : 100 kali

1. Apa itu Direktorat Kesehatan Keluarga ?

Direktorat Kesehatan Keluarga merupakan salah satu unit eselon II di bawah Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Bina KESMAS).

2. Apa itu Jampersal ?

Jampersal merupakan kependekan dari Jaminan Persalinan, artinya jaminan pembiayaan yang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir yang pembiayaannya dijamin oleh Pemerintah.

3. Apa itu BOK Puskesmas ?

Bantuan Biaya Operasional Kesehatan non gaji untuk Puskesmas dan jaringannya serta UKBM dalam menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Promotif dan Preventif KIA-KB, Gizi, Imunisasi, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, dan Pengendalian Penyakit untuk mempercepat pencapaian tujuan MDGs.

4. Apa itu PWS KIA ?

PWS KIA merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Kemenkes dalam menyajikan bentuk pencatatan dan pelaporan pemantauan kesehatan ibu dan anak melalui suatu program sistem informasi terpadu.

5. Apa itu Kelas Ibu ?

Kelas Ibu merupakan kegiatan terencana sesuai kebutuhan untuk membahas materi Buku KIA secara diskusi dalam kelompok dan tukar pengalaman antara ibu, yang difasilitasi petugas kesehatan.

6. Apa itu MTBS ?

MTBS-M merupakan pendekatan pelayanan kesehatan balita terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap perawatan esensial bayi muda dan tatalaksana balita sakit di tingkat masyarakat, fokus pada preventif, promotif dan deteksi dini penyakit.

7. Apa itu Penjaringan Kesehatan ?

Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah.

8. Apa itu Dokter Kecil ?

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya.

9. Selain website, dimana lagi saya bisa mendapatkan informasi tentang Direktorat Kesehatan Keluarga ?

Direktorat Kesehatan Keluarga memiliki kanal media sosial yang dapat anda ikuti di tautan berikut:

3. Twitter
  • 4. Youtube