Berita Lengkap

Peringatan Hari Anak Nasional: Peduli Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Pada masa pandemi ini, kesehatan tentu menjadi prioritas bagi seluruh masyarakat, terutama kesehatan buah hati kesayangan Ayah dan Bunda. Dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021, Direktorat Kesehatan Keluarga mengadakan rangkaian webinar yang sejalan dengan tema Peringatan HAN tahun ini, yaitu Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan tagar #AnakPeduliDiMasaPandemi. Rangkaian webinar ini dilaksanakan pada tanggal 13, 16, 17, dan 19 Juli 2021 melalui live streaming di kanal Youtube Direktorat Kesehatan Keluarga.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh drg. Kartini Rustandi, M.Kes selaku Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi bertopik Perlukah Swab pada Bayi & Balita? Bagaimana Isolasi Mandiri pada Bayi & Balita? oleh dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A dan Bagaimana Mewaspadai Covid-19 pada Bayi & Balita? Cukupkan 3M Mencegahnya? oleh dr. Nina Dwi Putri, Sp.A(K).

Webinar hari kedua membawakan tema edukasi berjudul Stimulasi dan Skrining Perkembangan Anak Usia 02 Tahun. Kegiatan ini disambut oleh Mekar Slamet selaku Wakil Ketua DWP Kementerian Kesehatan dan disambung oleh materi bertema Pentingkah Stimulasi dan Skrining Perkembangan Bayi dan Baduta? Bagaimana Melaksanakan Stimulasi dan Skrining di Rumah? yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A(K), M.Kes dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Acara ini juga dihadiri oleh presenter TV dan penyiar radio, Caesar Gunawan, yang berbagi cerita tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Melanjutkan tema hari kedua, webinar hari ketiga membawakan tema serupa khusus untuk anak usia 24 tahun. Pembukaan disampaikan oleh Ny. Mutiara Dante selaku Penasihat DWP Kementerian Kesehatan dan materi yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berjudul Bagaimana Stimulasi dan Skrining Perkembangan Balita 24 tahun di Rumah?. Tak lupa, acara hari ketiga ini dihadiri oleh bintang tamu aktor dan komedian, Saleh Ali Bawazier, yang juga berbagi cerita tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Hari terakhir dari rangkaian webinar Peringatan Hari Anak Nasional 2021 diakhiri dengan edukasi stimulasi dan skrining perkembangan anak khusus usia 46 tahun. Kegiatan yang diramaikan oleh presenter Rezara ini dibuka oleh Ny. Ida Budi G. Sadikin selaku Penasihat DWP Kementerian Kesehatan. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi Bagaimana Stimulasi & Skrining Perkembangan Anak Usia 46 Tahun di Rumah? oleh dr. Arlina Putri, Sp.A. Augi Vantinus, seorang aktor dan presentor, juga ikut berbagi cerita tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya dalam penutupan rangkaian webinar ini.

Walaupun kini anak lebih banyak menjalani keseharian di rumah saja, besar harapan agar anak dapat tetap aktif, mengasah kreativitas, dan gembira. Kesehatan dan tumbuh kembang optimal pada anak merupakan kunci dari terwujudnya seluruh impian tersebut. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kesehatan buah hati dan terus melakukan stimulasi perkembangan anak selama masa pandemi ini.