Berita Lengkap

Pelaksanaan Knowledge Sharing Program on Maternal and Child Health Handbook oleh KSST

Dalam rangka meningkatkan hubungan internasional, Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan, Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, dan Kementerian Sekretariat Negara kembali melakukan kolaborasi dengan dukungan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam kerangka kerjasama Peningkatan Kesehatan Ibu Anak melalui penggunaan Buku KIA . Kolaborasi ini sudah dilakukan sejak tahun 2007 telah dilaksanakan 13 program yang dihadiri peserta dari 17 negara.

Tahun ini, program pelatihan menghadirkan tema Knowledge Sharing Program on Maternal and Child Health Handbook: Empowering Communinty for Enhancing the Continuum of Care by Mother and Child Health Handbook Utilization during Pandemic Era. Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui kanal YouTube Direktorat Kesehatan Keluarga ini dilaksanakan pada tanggal 26—28 Oktober 2021 dan dihadiri oleh lebih dari 30 peserta dari 9 negara, yakni Indonesia, Kamboja, Kenya, Laos, Madagaskar, Papua Nugini, Tajikistan, Thailand, dan Timor Leste.

Pembukaan rangkaian kegiatan ini disambut oleh Eka Denny Mansjur, Plh. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Shonsuke Takatoi, Senior Representative JICA Indonesia, Maria Renata Hutagalung, Direktur Kerja Sama Teknik, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, dan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD KEMB, PhD, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan oleh pemaparan mengenai kondisi kesehatan ibu dan anak dari berbagai negara, diantaranya adalah Indonesia, Jepang, Kamboja, Timor Leste, dan Kenya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar perwakilan yang hadir untuk saling memberikan masukan dan dukungan. Keesokan harinya, acara ini membahas mengenai pentingnya penggunaan Maternal and Chiild Health Handbook atau buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta peranan tenaga kesehatan yang adekuat terutama dalam masa pandemi.

Dari rangakaian kegiatan ini, kita dapat memahami pentingnya penggunaan buku KIA bagi seluruh ibu di Indonesia. Masa bayi dan anak-anak merupakan masa krusial bagi manusia untuk dapat menjadi individu yang memiliki kemampuan dan daya saing secara optimal. Oleh karena itu, marilah kita saling mengingatkan kepada para orang tua untuk melakukan pencatatan perkembangan anak dalam buku tersebut.