Berita Lengkap

World Patient Safety Day: Junjung Tinggi Keselamatan Ibu dan Bayi

World Patient Safety Day atau Hari Keselamatan Pasien Sedunia merupakan sebuah hari peringatan yang diadakan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2019 untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dunia, keterlibatan publik, dan promosi aksi global dalam bidang keamanan pasien dan menurunkan angka bahaya dalam dunia kesehatan. Tahun ini, WHO mengajak seluruh pemangku kebijakan kesehatan dunia untuk segera beraksi demi keselamatan ibu dan bayi dengan tema utama Safe Maternal and Newborn Care.

Untuk memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Kementerian Kesehatan RI, dalam hal ini Direktorat Kesehatan Keluarga & Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan, bekerja sama dengan WHO dan USAID mengadakan rangkaian serial webinar selama 6 hari dengan topik kesehatan ibu dan bayi baru lahir yang dilaksanakan pada tanggal 10–17 September 2021. Topik-topik yang telah terlaksana untuk setiap rangkaian webinar tersebut antara lain :

1. Gambaran Umum Keselamatan Ibu dan Bayi Indonesia

2. Peran Stakeholder dalam Menunjang Keselamatan Ibu dan Bayi: Mulai dari FKTP, Fasilitas Kesehatan Rujukan, dan Organisasai Masyarakat

3. Peran Institusi Swasta dan Keluarga dalam Peningkatan Keselamatan Ibu dan Bayi

4. Peran Organisasi Profesi dan Asosiasi Pendidikan dalam Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) 5. Membangun Budaya Keselamatan Pasien

6. Peran RS Rujukan Nasional, Budaya Mutu dan Deklarasi Keselamatan Ibu dan Bayi

Berbagai rangkaian tersebut dibawakan dan dihadiri oleh berbagai pemangku kebijakan, organisasi profesi, asosiasi profesi, asosiasi pendidikan, dinas kesehatan, perwakilan fasilitas pelayanan kesehatan, mitra pembangunan, institusi swasta, dan perwakilan masyarakat.

Tak hanya rangkaian webinar, Kementerian Kesehatan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk ikut memeriahkan Hari Keselamatan Pasien Sedunia dengan mengadakan lomba video komitmen dengan tema Layanan Ibu dan Bayi yang Aman.

Di sisi lain, perjuangan untuk menjunjung pelayanan kesehatan ibu dan bayi di masa pandemi tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi seluruh masyarakat. Oleh karena itu, marilah kita tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan 6M, melakukan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil sesuai dengan rekomendasi, dan menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi, aktivitas fisik/olahraga ringan secara teratur, menjalani kehamilan dengan bahagia, serta konsumsi Tablet Tambah Darah minimal 90 tablet selama kehamilan).

Terakhir, pastikan untuk mengajak ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan sesuai jadwal minimal 6 kali, melakukan persalinan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, menganjurkan ibu hamil untuk tetap di rumah saja minimal 14 hari sebelum taksiran persalinan, dan memanfaatkan buku KIA dengan semestinya. Dengan dilaksanakannya webinar untuk merayakan Hari Keselamatan Pasien Dunia ini, diharapkan keselamatan ibu dan bayi di Indonesia semakin terjaga serta penurunan AKI dan AKB di Indonesia dapat tercapai.