Berita Lengkap

Hari Lanjut Usia Nasional 2021: Bersama Keluarga, Lansia Bahagia!

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2021, Kementerian Kesehatan mengadakan Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia dengan tema Bersama Lansia Keluarga Bahagia secara daring dan luring di Denpasar, Bali. Acara ini turut dihadiri oleh seluruh dinas kesehatan dari 34 provinsi di Indonesia.

Rangkaian acara Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia dimulai dengan talkshow yang dipandu oleh Sophie Navita dengan dua narasumber, yaitu Maliki, ST, MSIE, PhD dari Bappenas dan Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., PhD. Kedua narasumber tersebut merupakan contoh lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif (SMART) dan perwakilan keluarga lansia dari masyarakat.

Kemudian, acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, PhD. Dante menjelaskan, tema yang diangkat pada perayaan HLUN kali ini hendak mengingatkan bahwa keluarga merupakan tempat terbaik dan sumber kebahagiaan bagi lansia. Oleh karena itu, keluarga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tempat saling menyayangi, menghormati, dan mendapatkan bimbingan. Seminar ini mendorong timbulnya empati untuk lansia sehingga mampu memperhatikan, mendampingi, dan mendukung lansia menjadi seorang lansia SMART. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Dante untuk meluncurkan kembali Rencana Aksi Nasional (RAN) Kesehatan Lanjut Usia tahun 2020-2024. Perilisan ini ditandai secara simbolis dengan penyerahan RAN kepada Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali. RAN Kesehatan Lanjut Usia ini diharapkan dapat berperan sebagai acuan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesehatan lansia dengan rencana dan upaya yang terkoordinasi secara strategis.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat sebagai tanda apresiasi untuk 6 provinsi dengan capaian vaksinasi lansia tertinggi selama Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) yang diadakan pada tanggal 17-29 Mei 2021 serta kepada Direktorat Kesehatan Keluarga sebagai Koordinator GVL. Provinsi yang menerima penghargaan tersebut antara lain Bali, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Kepulauan Riau.

Selain itu, dilakukan juga pengumuman lomba video dalam rangka HLUN tahun 2021 yaitu Asyiknya Bersama Lansia dengan Juara 1 Hernowo Widayanto (Pensiunan PNS, Nganjuk Jawa Timur), Juara 2 Fitriani Sholihat, Amd.Keb (UPT Puskesmas Colomadu, Karanganyar Jawa Tengah), Juara 3 dr. Fitra Hergyana, Sp.DV (Satgas Penanganan COVID-19, Kab. Karawang Jawa Barat), dan lomba Inovasi Pelayanan Kesehatan Lansia dengan Juara 1 (RS Kanker Dharmais, DKI Jakarta) dengan Inovasi Layanan Santun Lansia, Juara 2 (UPTD Puskesmas Tegallang I, Bali) dengan inovasi Program YOGA DIASI, dan Juara 3 (Puskesmas Matani, Kota Tomohon, Sulawesi Utara) dengan inovasi Ojek Lansia Puskesmas Matani Kota Tomohon. *) Pengumuman selengkapnya di instagram @ditkesga dan facebook subdit lansia.

Selanjutnya, pemutaran video model implementasi perawatan lansia jangka panjang yang diselenggarakan oleh Puskesmas Selemadeg Barat, Tabanan dan pemberdayaan lansia di Desa Melinggih, Gianyar turut menyemarakkan perayaan HLUN sebagai inspirasi bagi provinsi lain. Karya-karya pemenang Lomba Video Inovasi Pelayanan Kesehatan Lansia dan Lomba Video Asyiknya Bersama Lansia juga diputarkan pada acara ini.

Susunan acara Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia diakhiri dengan kunjungan lapangan untuk mengamati pelayanan kesehatan lansia di Rumah Sakit dan Puskesmas. Layanan kesehatan yang dikunjungi langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan RI adalah RSD Mangusada Badung dan Puskesmas II Denpasar Selatan. Sementara itu, peserta seminar lainnya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi RS Sanglah dan Puskesmas I Denpasar Timur.