Layout Website 3 Kolom
PERIKSA TUMBUH KEMBANG BALITA YUUUK !!!
Dipublikasikan Pada : Rabu, 07 July 2018,  Dibaca : 278 kali

Masa depan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Tahun pertama kehidupan, terutama periode sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun merupakan periode yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Stimulasi yang tepat akan merangsang otak balita sehingga perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian balita berlangsung optimal sesuai dengan umur anak. Deteksi dini penyimpangan tumbuh kembang perlu dilakukan untuk dapat mengetahui secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang balita termasuk menindaklanjuti setiap keluhan orang tua terhadap masalah tumbuh kembang anaknya. Jika ditemukan ada penyimpangan, maka dilakukan intervensi sebagai tindakan koreksi agar tumbuh kembangnya kembali normal atau penyimpangannya tidak semakin berat.

Kegiatan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang yang menyeluruh dan terkordinasi diselenggarakan dalam kemitraan antara keluarga, masyarakat dan tenaga kesehatan. Sejak tahun 2007, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengembangkan pedoman Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Anak di Puskesmas. SDIDTK dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih, baik dokter, bidan, perawat dan petugas gizi yang berkerjasama dengan tenaga pendidik PAUD (TK/RA, Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak (TPA) dan satuan PAUD sejenis), lembaga sosial dan kader terlatih Posyandu. Semua balita umur 0 - 5 tahun dan anak pra sekolah umur 5 - 6 tahun perlu dilakukan pemeriksaan tumbuh kembang melalui pelayanan SDIDTK agar diketahui kesesuaian pertumbuhan dan perkembangannya dengan usia anak tersebut.

Dalam rangkaian Hari Anak Nasional 2018 dilaksanakan kegiatan Bulan Pemeriksaan Tumbuh Kembang Balita pada bulan Juli secara nasional, dengan tujuan meningkatkan kesadaran petugas kesehatan, keluarga dan masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan tumbuh kembang balita. Kementerian Kesehatan, juga melakukan pemeriksaan SDIDTK pada seluruh anak balita di semua Tempat Penitipan Anak (TPA) Kementerian Kesehatan RI yaitu TPA Harapan Bunda / BPPSDM Kesehatan tanggal 11 Juli, TPA Nilam Sari/ Balitbangkes tanggal 16 Juli, TPA Ceria / Ditjen P2P tanggal 18 Juli dan TPA Serama Kemenkes Kuningan tanggal 31 Juli 2018. Orang tua terlihat sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini dan berharap akan terus dilakukan secara rutin.