Layout Website 3 Kolom
HUT Saka Bakti Husada dan Pertibanua V Tanah Bumbu
Dipublikasikan Pada : Sabtu, 08 August 2017,  Dibaca : 51 kali

Pramuka mempunyai tugas pokok membina anak dan pemuda Indonesia agar menjadi tenaga kader pembangunan bermoral Pancasila, yang kuat dan sehat akan jasmani dan rohaninya. Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Ulang Tahun Saka Bakti Husada yang ke 32 ini, karena dilakukan di tepi pantai tepatnya di Pantai Rindu Alam, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Peserta kegiatan tersebut terdiri dari 280 peserta Pramuka Penegak dan Pandega dari 13 kab/kota dan 1 Poltekkes Banjarmasin, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan dari 13 Kab/Kota di Kalimantan Selatan, kwarda, Kwarcab, Kwarran, Puskesmas dan peserta pusat yang merupakan perwakilan Krida PHBS, Krida Kesehatan Lingkungan, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Obat, Krida Bina Gizi, dan Krida Bina Keluarga Sehat. Kegiatan ini juga diikuti oleh Ibu Menteri Kesehatan, Sekjen Kemenkes, dan Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri.

Kegiatan di Pantai Rindu Alam yang dilakukan adalah mengunjungi SMPN 5 Tanah Bumbu untuk melihat Pramuka Penegak dan Pandega yang memberikan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada anak sekolah. Setelah itu dilakukan penyampaian materi kepada Pramuka Penegak dan Pembina perwakilan 13 kabupaten/kota dan 1 Poltekkes Banjarmasin. Materinya mengenai Krida Bina Keluarga Sehat dan SKK nya yang sudah diperbaharui susunan SKK, logo dan KIE nya. Bentuk pemberian materi adalah eksposure, menggunakan KIE leaflet sebagai alat bantunya. Lokasi di pendopo Pantai Rindu Alam. Jumlah peserta sekitar 35 orang.

Selain itu dilaksanakan upacara penyematan pin yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan. Peserta upacara adalah Gubernur Kalimantan Selatan, Bupati KabupatenTanah Bumbu dan jajaran dibawahnya, Sekjen Kementerian Kesehatan, perwakilan Krida Saka Bakti Husada, Kwarnas, Kwarda dan Kwarcab Tanah Bumbu, 500 Pramuka Penegak dan Pandega dari 8 kabupaten/kota dan 1 Poltekkes Balikpapan. Setelah itu dibuka stand pameran Saka Bakti Husada. Pengunjung stand diajak untuk mengikuti kuis dimana soal kuis adalah seputar materi SKK Krida BKS dan untuk jawaban yang benar akan diberikan hadiah. Setelah itu pengunjung dapat membubuhkan kesan dan tanda tangannya di tempat yang sudah disediakan.