Layout Website 3 Kolom
Orientasi TP UKS Tingkat Provinsi dalam Penerapan Model Sekolah/Madrasah Sehat
Dipublikasikan Pada : Selasa, 06 June 2017,  Dibaca : 1048 kali

Orientasi TP UKS Tingkat Provinsi dalam rangka Penerapan Model Sekolah/Madrasah Sehat, yang dilaksanakan pada tanggal 22-24 Maret 2017 di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Peserta pertemuan berasal dari lintas program lintas sektor, puskesmas Sukowali, SD dan MI Desa Kohod, NGO dan 2 orang peserta dari setiap provinsi dari 34 Provinsi di Indonesia. Adapun metode dalam orientasi adalah ceramah oleh para narasumber, diskusi, tanya jawab, pemilihan sekolah/madrasah sebagai model dan RTL.

Kegiatan ini berawal dari dilaksanakannya pilot UKS di 16 SD/MI dengan 3138 peserta didik di Jakarta Pusat dan Kep Seribu pada tahun 2016. Kegiatan pilot UKS dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar meliputi kegiatan penggunaan buku rapor kesehatanku untuk pemantauan tumbuh kembang dan untuk gerakan literasi, sarapan dan kudapan bersama, cuci tangan dan sikat gigi bersama, aktifitas fisik pada pergantian jam pelajaran, pembinaan kantin, pengelolaan sampah, dan pemberantasan sarang nyamuk. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan kesehatan peserta didik terlihat pada hasil pre test dengan nilai rata-rata 75,66% meningkat pada post test dengan nilai rata-rata 83,46%, perbaikan kondisi kantin (pengolahan-penyajian makanan), perbaikan kondisi dan kelengkapan sarana prasarana UKS, peningkatan praktek PHBS peserta didik di sekolah, dan penurunan jumlah hari ketidakhadiran ‘sakit’.

Melalui pelaksanaan orientasi ini, diharapkan seluruh peserta dapat memahami tahapan dan jenis-jenis kegiatan dalam penerapan model sekolah/madrasah sehat dan menindaklanjutinya dengan mengembangkan minimal 10 model sekolah/madrasah sehat di setiap Provinsi. Model sekolah/madrasah sehat yang dikembangkan tersebut pada akhirnya akan dapat ditiru ke sekolah-sekolah lain.