Layout Website 3 Kolom
Revolusi KIA melalui Rumah Tunggu
Dipublikasikan Pada : Jumat, 05 May 2017,  Dibaca : 182 kali

Agenda tahunan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat yang bertajuk kunjungan lapangan tematik bersama media nasional kali ini cukup berbeda karena Menteri Kesehatan ikut bersama rombongan untuk melihat pembangunan kesehatan di satu wilayah yang mana tahun ini rangkaian kunjungan tersebut dilakukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Salah satu rangkaian kegiatan Menkes dengan media yaitu melihat Program Revolusi KIA di Puskesmas Siso, Kota Soe, Kab. Timor Tengah Selatan. Tepat di depan Puskesmas Siso, berdiri sebuah bangunan bercat hijau beratap seng yang difungsikan untuk Rumah Tunggu Kelahiran (RTK). Bangunan tersebut memiliki tiga ruangan yakni kamar untuk ibu dan bayinya, ruangan untuk keluarga, dan ruangan untuk dapur. Sedangkan Untuk toilet, para ibu bisa menggunakan toilet yang ada di puskesmas. RTK merupakan salah satu bentuk program Revolusi KIA yang dilakukan di NTT, fungsi dari RTK tersebut adalah tempat tinggal sementara bagi ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan sehingga ibu dan bayi dapat terpantau kesehatannya.

RTK Bijoba Kecamatan Mollo Selatan dibangun tahun 2014, dikelola oleh lintas sektor dan tokoh masyarakat serta pemerintah, dana operasionalnya menggunakan Dana DAK Non Fisik atau biasa kita kenal dengan Jaminan Persalinan (Jampersal). RTK memiliki penanggung jawab yang melibatkan masyarakat melalui kader-kader sehingga ada interaksi antara masyarakat dengan kader dan tenaga kesehatan setempat. Namun dalam pelaksanaannya sering ditemui beberapa kendala, antara lain keterlambatan pencairan dana Jampersal tersebut, biasanya baru bisa dicairkan pada triwulan kedua, karena mekanisme APBD. Di satu sisi, kendala yang lain justru muncul dari masyarakat, karena enggan untuk meninggalkan rumah selama 14 hari.

Namun dengan segala kekurangan yang ada komitmen dari semua elemen yang terlibat tetap tinggi, tujuannya satu memberikan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).